Analisis SWOT PT Indomilk


INDOMILK didirikan pada tahun 1967 sebagai perwujudan penanaman modal asing dan pelopor dalam pembuatan susu yaitu susu kental manis yang modern di Indonesia. Tahun 1988 susu kental amnis produksi INDOMILK telah diekspor ke berbagai Negara, hingga tahun 2008 Indomilk Dairy Group telah menaungi beberapa anak perusahaan. Anak-anak perusahaan tersebut maish butuh eksistensi di pasaran agar tetap bertahan dan masyarakat tetap percaya dengan produk-produk INDOMILK.

Untuk memperkuat sinergi dalam badan perusahaan, maka pada bulan April 2008 dilakukan merger terhadap PT. Australia Indonesian Milk Industries (PT. INDOMILK), PT. Indomurni Dairy Industries, PT. Ultrindo, PT. INDOLAKTO dan PT. Indoeskrim ke dalam satu paying usaha, yaitu PT. INDOLAKTO

Saat ini produk-produk INDOMILK selain dipasarkan di Indonesia juga sudah di ekspor ke Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, Philipina, Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea, Fiji, Nauru, Tonga, Solomon, Samoa, Vanuatu, Papua Nugini, New Zealand, Timor Leste, Cameroon, Malawi, Maladewa. Dari sini dapat dianalisis bahwa produk-produk INDOMILK tidak hanya diminati di Indonesia melainkan di beberapa Negara. Maka perusahaan tempat INDOMILK bernaung hanya tinggal menunggu laba dari hasil penjualan produk-produk INDOMILK tersebut.


Analisis SWOT


STRENGHT (KEKUATAN)
·                     Keunggulan susu INDOMILK adalah sistem pengawetan yang alamiah tanpa bahan pengawet sintetis, tepatnya dengan menggunakan pemanasan suhu tinggi untuk membunuh mikroorganisme yang ada dalam susu.
·                     Disamping memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, susu INDOMILK juga memiliki rasa yang sangat disukai oleh anak-anak dan seluruh keluarga
·                     Terbuat asli dari susu sapi segar dan bahan-bahan alami
·                     Dengan nutrisi yang tinggi dan tanpa bahan pengawet, susu INDOMILK mematok harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan produk sejenisnya, Sehingga masyaratakat tidak terlalu merasa keberatan untuk membelinya.
·                     Produk sudah terkenal dan sudah di percaya oleh masyarakat

WEAKNESS (KELEMAHAN)
·                     Banyak konsumen yang sudah mencoba susu INDOMILK, mereka bilang rasa dari susu INDOMILK kurang enak bila dibandingkan dengan produk sejenisnya seperti Ultramilk dan Bendera.
·                     Susu Indomilk banyak jenisnya namun promosinya kurang bila dibandingkan dengan produk susu sejenisnya.
·                     Banyak pemalsuan produk dari pihak lain yang mengatas namakan INDOMILK


OPPURTUNITIES (PELUANG)
·                     Susu INDOMILK diproduksi dengan berbagai macam kemasan dan rasa sehingga memungkinkan untuk dapat berkembang apabila pemasarannya merata.
·                     Susu INDOMLK menyediakan produk susu yang khusus untuk anak-anak dan orang dewasa, sehingga semua kalangan dapat meminumnya.
·                     Kemasan susu INDOMILK yang beragam bisa menarik di semua kalangan

THREATS (ANCAMAN)
·                     Harga yang terjangkau membuat masyarakat lebih memilih susu yang lebih mahal dan sudah popular merknya.
·                     Karena banyak produk yang diproduksi oleh INDOMILK baik dari kemasan maupun rasa, membuat produk INDOMILK dicontek oleh produk sejenisnya baik kemasan maupun rasanya.
·                     Persaingan pasar yang sudah mulai besar dan semakin ketatnya saingan antara produk susu




Komentar

Postingan Populer