Analisis SWOT PT Indomilk
INDOMILK didirikan
pada tahun 1967 sebagai perwujudan penanaman modal asing dan pelopor dalam
pembuatan susu yaitu susu kental manis yang modern di Indonesia. Tahun 1988
susu kental amnis produksi INDOMILK telah diekspor ke berbagai Negara, hingga
tahun 2008 Indomilk Dairy Group telah menaungi beberapa anak perusahaan.
Anak-anak perusahaan tersebut maish butuh eksistensi di pasaran agar tetap
bertahan dan masyarakat tetap percaya dengan produk-produk INDOMILK.
Untuk memperkuat
sinergi dalam badan perusahaan, maka pada bulan April 2008 dilakukan merger
terhadap PT. Australia Indonesian Milk Industries (PT. INDOMILK), PT. Indomurni
Dairy Industries, PT. Ultrindo, PT. INDOLAKTO dan PT. Indoeskrim ke dalam satu
paying usaha, yaitu PT. INDOLAKTO
Saat ini produk-produk
INDOMILK selain dipasarkan di Indonesia juga sudah di ekspor ke Singapura,
Kamboja, Brunei Darussalam, Philipina, Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea, Fiji,
Nauru, Tonga, Solomon, Samoa, Vanuatu, Papua Nugini, New Zealand, Timor Leste,
Cameroon, Malawi, Maladewa. Dari sini dapat dianalisis bahwa produk-produk
INDOMILK tidak hanya diminati di Indonesia melainkan di beberapa Negara. Maka
perusahaan tempat INDOMILK bernaung hanya tinggal menunggu laba dari hasil
penjualan produk-produk INDOMILK tersebut.
Analisis SWOT
STRENGHT (KEKUATAN)
·
Keunggulan susu
INDOMILK adalah sistem pengawetan yang alamiah tanpa bahan pengawet sintetis,
tepatnya dengan menggunakan pemanasan suhu tinggi untuk membunuh mikroorganisme
yang ada dalam susu.
·
Disamping memiliki
kandungan nutrisi yang tinggi, susu INDOMILK juga memiliki rasa yang sangat
disukai oleh anak-anak dan seluruh keluarga
·
Terbuat asli dari susu
sapi segar dan bahan-bahan alami
·
Dengan nutrisi yang
tinggi dan tanpa bahan pengawet, susu INDOMILK mematok harganya yang lebih
terjangkau dibandingkan dengan produk sejenisnya, Sehingga masyaratakat tidak
terlalu merasa keberatan untuk membelinya.
·
Produk sudah terkenal
dan sudah di percaya oleh masyarakat
WEAKNESS (KELEMAHAN)
·
Banyak konsumen yang
sudah mencoba susu INDOMILK, mereka bilang rasa dari susu INDOMILK kurang enak
bila dibandingkan dengan produk sejenisnya seperti Ultramilk dan Bendera.
·
Susu Indomilk banyak
jenisnya namun promosinya kurang bila dibandingkan dengan produk susu
sejenisnya.
·
Banyak pemalsuan
produk dari pihak lain yang mengatas namakan INDOMILK
OPPURTUNITIES
(PELUANG)
·
Susu INDOMILK
diproduksi dengan berbagai macam kemasan dan rasa sehingga memungkinkan untuk
dapat berkembang apabila pemasarannya merata.
·
Susu INDOMLK
menyediakan produk susu yang khusus untuk anak-anak dan orang dewasa, sehingga
semua kalangan dapat meminumnya.
·
Kemasan susu INDOMILK
yang beragam bisa menarik di semua kalangan
THREATS (ANCAMAN)
·
Harga yang terjangkau
membuat masyarakat lebih memilih susu yang lebih mahal dan sudah popular
merknya.
·
Karena banyak produk
yang diproduksi oleh INDOMILK baik dari kemasan maupun rasa, membuat produk
INDOMILK dicontek oleh produk sejenisnya baik kemasan maupun rasanya.
·
Persaingan pasar yang
sudah mulai besar dan semakin ketatnya saingan antara produk susu
Komentar
Posting Komentar